Like

Selasa, 13 November 2012

I. 4. Bekerja Sambil Sekolah (lagi): Jalan ke Paris Terbuka Lebar

Di tahun kedua bekerja, pekerjaan sebagai sekretaris redaksi majalah Cita Cinta tetap saya nikmati. Walalupun di lubuk hati terdalam masih menyimpan keinginan untuk mewujudkan impian ke eropa. Daripada manyun, saya memutuskan untuk melanjutkan jenjang pendidikan sarjana bidang akuntansi di salah satu sekolah tinggi ilmu ekonomi yang letaknya dekat dengan tempat saya bekerja. Pertimbangan saya meneruskan pendidikan adalah untuk mengembangkan pola pikir dan meneruskan pendidikan sampai jenjang sarjana. Saya yakin, ilmu yang kita dapat tidak akan percuma karena mempengaruhi cara pemikiran kita di dunia profesi.


Sebelum kuliah dimulai, foto dulu, dong...

Kehidupan sekolah di sore menjelang malam hari membawa saya ke dunia lain yang menyenangkan. Walaupun bidang ilmu yang saya pelajari tetap tak semenarik dengan bidang ilmu yang saya tekuni dulu, tetapi saya berusaha melihat celah agar kuliah ini menyenangkan. Seperti bertemu teman-teman sekelas yang berasal dari berbagai macam profesi. Kebanyakan dari mereka memang ada hubungannya melanjutkan kuliah dengan profesi yang mereka jalani, yaitu auditor. Sepertinya hanya saya yang salah jalur: sekolah akuntansi tetapi berprofesi sebagai sekretaris redaksi majalah wanita. Dari mereka, saya tetap update berita seputar bidang ilmu yang saya jalani. Bingung? Tidak. Malah beruntung bisa menambah ilmu.

Berpose dulu sepulang kuliah sabtu pagi.

Dengan berjalannya waktu dan saya menyelesaikan bidang studi tepat waktu dan meraih gelar sarjana, membuat saya sadar bahwa bisa berkomitmen dengan diri sendiri dan menyelesaikan sesuatu sampai selesai telah menjadi pilihan saya.

Masih keep contact samapi sekarang. Ki-Ka: Saya, Ei, Echi, Deedee.

Niat melanjutkan sekolah ke eropa tetap tersimpan rapi dalam daftar masa depan. Cuma memang kuncinya harus sabar dan tidak boleh tergesa-gesa. Istilah dalam bahasa jawa adalah nggak ngoyo. Saya mempersiapkannya pelan-pelan sambil tetap bekerja dan menjalankan aktivitas lainnya.

Ketika di tahun ke-4 bekerja, kesempatan untuk sekolah ke Paris itu benar-benar nyata. Tuhan memang mempunyai rencana yang indah pada waktunya. Ya, saya sudah mengantongi pengalaman bekerja dan berhasil menggenggam gelar sarjana. Tugas dan kewajiban saya setengahnya sudah terpenuhi sebagai modal menapak masa depan dan melangkah lebih jauh untuk menimba pengalaman di negeri orang.

Saya juga merasa dilancarkan setiap langkah untuk persiapan ke eropa. Mulai dari mencari sekolah bahasa, lalu mendapatkannya. Kemudian ada satu keluarga yang bersedia menangggung semua biaya pendidikan selama setahun. Saya boleh kos di rumahnya dengan syarat saya harus benar-benar serius dan fokus dengan tujuan saya sekolah di Prancis, dan tentunya ilmu yang saya dapatkan akan berguna di kemudian hari.

Ketika kesempatan ini benar-benar datang, sempat linglung juga karena pada saat bersamaan, saya ditawarkan oleh big boss untuk mencoba posisi menjadi redaktur Mode dan Kecantikan dan menyelami dengan benar dunia jurnalistik. Tetapi saya lebih memilih melanjutkan pendidikan ke Prancis dan merasakan menjadi petualang di negeri orang. 

Teman-teman yang membuat hidup semakin berwarna. It´s hard to say goodbye!

Walaupun tadinya keputusan ini disayangkan banyak orang karena berhubungan dengan karier yang kemungkinan besar menanjak, tetapi saya tidak menyesali keputusan ini. 

Saya ingin merasakan menjalani fase kehidupan lain di luar negeri saya sendiri. Saya ingin melancong. Saya ingin membuka jendela dan pintu dunia untuk masa depan. Saya ingin membuktikan pada diri saya sendiri bahwa saya mampu dan menjadi bagian dari masyarakat dunia.

(Untuk-teman-teman S1 Jurusan Akuntansi 2002 – 2004 (jadwal kuliah malam) STIE Perbanas Jakarta,  dan (lagi-lagi) teman-teman Cita Cinta. Dan tentunya doa Mama dan Bapak.

2 foto atas: Koleksi Ronald
Foto berempat cewek-cewek: Koleksi Echi.
Foto Cita Cinta: Koleksi Sri Haryanti.

Cerita Lanjutan:
http://puruhita-journey.blogspot.mx/2012/11/i-5-berangkat-ke-paris.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar