Like

Selasa, 13 November 2012

V. 7. Berpakaianlah yang Rapi..


Di Paris, cara berpakaian mereka memang modis. Tak heran, makanya Paris disebut pusat kota mode dunia. Bukan perkara hal itu. Menurut pengamatan saya, sehari-hari jika berada di rumah pun, masyarakat Paris berpakaian seperti halnya mereka bepergian. Rapi. Walalupun hanya t-shirt dan jeans. 

Ini menurut pengalaman saya, lho. Misalnya selesai bekerja atau pulang sekolah, mereka tetap berpakaian normal sampai berganti piyama menjelang tidur.

Pengalaman saya sendiri sehabis pulang sekolah pada saat musim semi atau menjelang musim panas adalah mengganti baju dengan kaos dan celana pendek. Hal ini aneh di mata mereka, keluarga homestay saya. Kenapa, ya? Sampai sekarang pun, saya belum menemukan jawabannya. Sementara teori saya berpendapat: mungkin untuk menghindari banyak cucian. Mungkin karena udara di Prancis lebih dingin, berbeda dengan di Indonesia yang lebih panas. Sehingga di Indonesia lebih isis dan nyaman memakai baju rumah berupa kaos dan celana pendek atau daster belel. Ya, apapun teori yang saya pikirkan, ketika saya bertanya pun, mereka tidak tahu pula jawabannya. Hanya bilang: kebiasaan kami yang tidak berganti pakaian, kecuali menjelang tidur.

Hal lain yang saya perhatikan ketika tinggal di daerah Paris 15, penduduknya modis berpakaian. Contoh kecil saja, ketika mereka membeli roti baguette (roti ala prancis yang bentuknya seperti pemukul baseball) di pagi hari , mereka tampil rapi dan memakai busana yang pantas untuk keluar rumah. Perpaduan warna juga diperhatikan. Pengamatan ini, entah hanya saya saja yang mungkin pemerhati atau memang kebanyakan penduduk Paris memang modis?


Oh iya, anggapan dan kebiasaan kebanyakan orang Prancis jarang mandi, sepenuhnya tidak benar. Saya jarang menemui anggapan kebiasaan ini ketika saya tinggal di Paris. Mungkin juga karena kebanyakan teman-teman Prancis yang saya kenal memang rajin mandi dan menggosok gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar