Like

Selasa, 13 November 2012

V. 13. Pesta dan Tradisi

Contoh cemilan pesta Natal sebelum makan malam.

Di Paris dan hampir di seluruh wilayah Prancis, ada beberapa pesta dan tradisi yang wajib dirayakan bersama keluarga inti. Maksudnya keluarga inti adalah terdiri dari orang tua dan anak. Jika orang tua sudah memiliki menantu dan cucu, ya, tentu dirayakan bersama-sama mereka. 

Pesta Perayaan Malam Natal adalah salah satu perayaan yang hanya dihadiri oleh keluarga inti karena kebanyakan keluarga Prancis menginginkan Perayaan Natal dengan suasana kekeluargaan yang hangat. Bahkan, mereka rela pulang kampung ke rumah orang tua atau mengambil pesawat pulang ke Paris bagi mereka yang tinggal di luar Prancis, demi merayakan Malam Natal bersama keluarga. Natal sangat sakral bagi mereka.

Perayaan Natal ini biasanya dimulai dengan makan malam bersama dengan menu masakan yang lebih spesial dari menu sehari-hari. Setelah itu, acara tukar hadiah pun dilakukan. Satu per satu membuka hadiah dan menunggu giliran yang lain.

Perayaan Natal lain lagi bagi mereka (terutama anak-anak muda yang tinggal di Paris), yang memilih tidak pulang kampung ke rumah orang tuanya atau orang tua mereka sudah meninggal, dengan merayakannya bersama-sama para sahabat yang senasib, yang jauh dari keluarganya juga. 

Kebiasaan pesta Natal ini mengingatkan saya akan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia yang dilakukan dengan penuh kekeluargaan. Bedanya dilakukan dengan seluruh keluarga besar. Dan saya pun, sebisa mungkin juga hadir di Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga, biarpun saya berada di belahan dunia lain. Saya rela untuk hadir beberapa hari dengan resiko menikmati perjalanan jauh dengan pesawat. Family comes first. No matter what.

Sedangkan Perayaan Malam Pergantian Tahun Baru, biasanya dirayakan bersama teman-teman atau keluraga juga bisa mengundang para kerabat untuk menikmati pesta bersama. Para anak muda Prancis umumnya lebih memilih merayakannya bersama teman-teman di suatu resto atau cafe atau di rumah salah satu teman. Setelah itu mereka keluar rumah dan menikmati jalan-jalan dini hari di pusat kota. Menikmati udara dan tahun baru.

Ya, lagi-lagi, sih, tidak semua keluarga Prancis merayakannya seperti itu. Ini adalah contoh dari beberapa keluarga dan teman-teman yang saya lihat kebiasaannya selama hidup di Paris.

Ilustrasi foto: Chez Sylvie à Andilly. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar