Like

Kamis, 21 Maret 2013

IX. 5. La Quinceañera: Pesta penting ke-15 tahun bagi Perempuan di Amerika Latin


Hola!

Setelah di blog sebelumnya saya bercerita tentang fenomena operasi plastik yang merupakan hal biasa bahkan menjadi bagian dari gaya hidup untuk kebanyakan wanita di amerika latin, kali ini saya ingin berbagi cerita tentang budaya ´Quinceañera´ (baca: kinseanyera), yaitu pesta ulang tahun ke-15 khusus anak-anak perempuan.

Pada saat saya tinggal di Caracas, Venezuela, saya mengenal budaya ini hanya sedikit. Tetapi sejak tinggal di Mexico, budaya quinceañera ini begitu populer dan saya beberapa kali menyaksikannya. Menarik!

Apa itu Quinceañera?

Adalah pesta khusus anak-anak perempuan (populer di negara-negara amerika latin) yang berusia ke-15, yang pada umumnya dirayakan untuk menandakan masa peralihan dari anak-anak memasuki era remaja. Remaja yang menginjak usia 15 tahun populer disebut ´La Quinceañera´ (anak perempuan yang berusia 15 tahun).

Budaya quinceañera populer di negara-negara amerika latin, seperti Venezuela, Argentina sampai Mexico. Karena pada saat ini kebetulan saya tinggal di Mexico, maka saya akan menceritakannya lebih banyak tentang kebiasaan quinceañera di negara ini. 

Sedangkan asal muasalnya, tidak ada yang  bisa bercerita dengan detil karena ini adalah budaya turun menurun. Beberapa orang Mexico yang saya tanyakan, ada yang mengatakan pengaruh dari budaya Aztec. Yang lain mengatakan bahwa pengaruh dari bangsa amerika utara yang membawa kebiasaan mereka ini ke negara-negara amerika latin. 

La Quinceañera bersama Los Chambelanes (kiri). Bersama organillero (kanan).

Siapa dan Apa Saja yang dibutuhkan untuk pesta Quinceañera?

La Quinceañera didampingi oleh Chambelanes (anak-anak lelaki yang usianya tidak jauh berbeda dengan si perempuan) yang berjumlah 4 sampai 6 orang. Jumlah ini diperlukan untuk mengangkat si perempuan yang berperan seperti ratu sehari dan juga yang menemani berdansa. Chambelanes ini bisa terdiri dari saudara laki-laki atau sepupu-sepupu si perempuan atau bisa juga teman-teman si perempuan.

Untuk busana –kalau menurut saya, nih— si perempuan berdandan agak mirip pengantin wanita namun dengan dandanan dan busana yang lebih sederhana. Dahulu, busana bagi La Quinceañera harus berwarna putih, tetapi saat ini berevolusi dengan diperbolehkannya warna apa saja sesuai selera. Kebanyakan sekarang yang mereka pilih adalah…warna merah muda. Cewek banget, ya.

Selain busana, si perempuan juga sebaiknya memakai aksesori dan bando atau mahkota, yang menandakan bahwa ia adalah ratu sehari.

Yang lebih menarik lagi, ada simbol tentang sepatu. Dari sepatu tanpa hak atau sepatu hak datar, La Quinceañera berhak menggantinya dengan sepatu hak tinggi. Hal ini dilakukan pada saat acara dansa.

Sepatu tanpa hak (atas) dan sepatu hak tinggi (bawah), simbol si perempuan beralih dari masa kanak-kanak ke remaja.

Ada Tahapan Upacaranya, lho…

Amerika latin adalah negara yang mayoritas menganut agama katolik. Jadi, salah satu tahapan pesta quinceañera ini adalah dengan melakukan misa di gereja, yang biasanya dihadiri oleh keluarga dan teman-teman dekat di perempuan.

Setelah misa selesai, ada sedikit upacara simbolik, yaitu dengan menggendong atau mengelus rambut boneka yang menandakan si perempuan telah meninggalkan masa kanak-kanak menuju remaja.

Biasanya misa berlangsung selama 1 jam, lalu seluruh yang  hadir beranjak ke rumah si perempuan atau ruangan pesta yang sengaja disewa. Kemudian dilanjutkan dengan acara makan-makan dan dansa.

Menu makanan pun ada yang khusus untuk di daerah-daerah atau propinsi-propinsi tertentu di Mexico.

Musik dan dansa adalah detak jantung dari setiap pesta…

Tanpa musik, tak seru dong, pestanya. Mariachi, music tradisional mexico biasanya dipanggil untuk bermain dan bernyanyi di acara ini. Dan tentunya diiringi dengan dansa.


Barisan pemusik Mariachi.

Sebelum berdansa, si perempuan diperbolehkan mengganti sepatu tanpa hak dengan sepatu hak tinggi yang menandakan beranjak dewasa. Urutan dansa pun dimulai dari ayah kandung lalu ke bapak baptis (lagi-lagi sesuai dengan tradisi katolik), dengan berdansa waltz. Setelah itu, saudara laki-laki dan teman lelaki berhak berdansa dengan si La Quinceañera.

Ada koreografi tarian di acara pesta dansa ini yang dilakukan oleh La Quinceañera dan para chambelanes-nya. Mereka bisa berdansa tarian rakyat mexico atau bisa juga salsa, tango, reggeaton sampai cumbia.

Dari orang tua sampai keluarga ikut membantu…

Bagaimana untuk biaya pengadaan pesta Quinceañera? Biasanya orang tua yang mengeluarkan biaya penuh untuk busana, sepatu, aksesoris, makanan sampai undangan pesta. Keluarga (dalam hal ini biasanya bapak dan ibu baptis-nya), membantu untuk menyediakan tempat. 

Bila dilakukan di rumah, mereka berpartisipasi untuk menata dekorasi dan mengatur meja. Atau jika yang diundang banyak, maka mereka yang membantu membayar biaya sewa.

Cerita tersisa dari Quinceañera itu…

  • Lagi-lagi merupakan budaya kebanyakan negara-negara amerika latin yang tidak biasa di mata penduduk asing atau warga negara di luar benua amerika latin seperti saya.
  • Quinceañera ini merupakan salah satu pesta penting di negara-negara benua amerika latin, selain pesta pernikahan. Bedanya, untuk quinceañera, orang tua si perempuan yang lebih banyak menghabiskan biaya.
  • Sedangkan ukuran dewasa di negara-negara amerika latin, mereka memulai di usia 18 tahun. Tentu ditandakan dengan pesta, tetapi tidak seheboh pesta Quinceañera, melainkan pesta bersama-sama teman-teman.
  • Setelah mengalami quinceañera atau menginjak usia 15 tahun, La quinceañera biasanya diperbolehkan pacaran, karena kan, sudah dianggap remaja.
  • Bagi kita yang diundang menghadiri pesta ini, sebaiknya membawa kado apa saja untuk si La Quinceañera
  • Lain di Mexico, lain di Venezuela untuk perayaan ulang tahun anak ke-15 tahun ini. Di Venezuela, si orang tua kebanyakan  memberikan kado pembiayaan operasi payudara bagi anak perempuannya, jika si anak bersedia. Sedangkan di Mexico, orang tua memberikan kado apa saja, tidak harus sesuai dengan permintaan si anak perempuan.

 Foto: kol. pribadi. Foto Mariachi: koleksi Venny.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar