Like

Jumat, 28 Maret 2014

XIII. 18. Mexico (17): Menyelami Dunia Maya (3): Piramida Uxmal, Sumber Vegetasi Bangsa Maya


Berbeda letak dengan Chichén Itza, Uxmal terletak 80 km ke arah selatan dari Merida. Salah satu piramida penting di antara ´keluarga´ Piramida Puuc (Kabáh, Sayil, Xlapak, Labná, Oxkintok, Chacmultuun), Uxmal merupakan pusat pemerintahan politik dan militer. Hampir sama dengan Chichén Itza, Uxmal termasuk dalam periode akhir klasik antara abad 8 – 10 Masehi. 

Temple of the Magician adalah Piramida pertama yang kita jumpai begitu memasuki kompleks Piramida Uxmal.

Sayangnya jika dibandingkan dengan Chichén Itzá, Uxmal agak sedikit kurang populer, dikarenakan letaknya yang tidak sejalan dengan tujuan utama para turis. Tetapi bukan berarti Uxmal jarang dikunjungi, hanya saja jumlah turis yang berkunjung tidak sebanyak jumlah pengunjung Chichén Itza.

Menurut beberapa ahli arkeologi, Uxmal berarti ´tiga kali dibangun´ dalam bahasa Maya atau referensi lain menyebut Uxmal merupakan tempat pertanian yang ditinggalkan. 

Letak Piramida Uxmal yang berada di sekeliling hutan.
Sepertinya kami lebih setuju yang terakhir karena letak geografis Uxmal di antara pepohonan rindang dan hutan kecil sekeliling. Ditambah sebutan Tuhan bagi mereka adalah Chac: dewa hujan. Tak heran jika ilmu pertanian dan tumbuh-tumbuhan tumbuh subur di kompleks Piramida ini.

Letak Uxmal.


Kompleks Piramida Uxmal tidak terlalu luas yang hanya 25.000an m2, namun sangat nyaman untuk dikunjungi. Terdiri dari dataran tinggi dan rendah, kita bisa menyaksikan kompleks Piramida Uxmal dari ketinggalan, yang seolah-oleh para piramida itu ´tumbuh´ di antara pohon-pohon rindang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar