Like

Sabtu, 29 Maret 2014

XIII. 22. Mexico (21): Playa del Carmen, pantai di pinggir Laut Karibia yang Mendunia

Masih cerita tentang perjalanan dan pengalaman saya di Mexico. Setelah bercerita tentang ibukota negara Mexico, yaitu Mexico City, lalu berlanjut ke Propinsi Oaxaca, kota Festival Cervantino di Guanajuato, pengalaman seru Rally Mexico di Leon, sampai cerita tentang peradaban bangsa Maya.

Selain itu, saya juga pernah berbagi cerita tentang pantai, Pie de la Cuesta, yang letaknya tidak jauh dari Acapulco, pantai yang terkenal itu.

Menikmati pagi dan senja di pinggir pantai semakin yakin bahwa alam memanjakan manusia.
Nah, masih cerita tentang pantai, saya akan mengajak Anda plesiran ke Playa del Carmen, pantai di pesisir Propinsi Quintana Roo, yang letaknya tak jauh dari Cancun. Cancun sendiri sudah mendunia dengan cerita pantai-pantai yang indah, laut biru sampai tempat plesiran favorit para selebriti dunia. Saya tidak akan cerita tentang Cancun karena Playa del Carmen lebih menarik dan membumi. Berbaur dengan penduduk setempat.

Pantai..pantai..pantai

Kebetulan saat kami berkunjung ke Playa del Carmen itu cuaca sedang cerah, maka kami sengaja menghabiskan waktu leih banyak di pinggir pantai. Mulai dari berjemur, membaca buku, main voli sampai menikmati senja. 

Aneka macam kegiatan di pinggir pantai. Qué bella la vida ;))

Pantai ini terbuka untuk umum dan siapa saja berhak bermain di pinggir pantai, kecuali jika ingin lesehan atau makan di restoran pinggir pantai, ya, harus mengonsumsi makanan atau minuman di restoran yang bersangkutan.

Menikah dan merayakannya di pinggir pantai ? Boleh…

Selama 4 hari 3 malam kami tinggal di Playa del Carmen, kami menyaksikan beberapa acara pernikahan yang digelar di pinggir pantai. Disediakan juga kapel bagi mereka yang ingin mensahkan pernikahan secara agama, kemudian mengadakan pasta syukuran di pinggir pantai. Ide yang menarik dan menjadi populer bagi penduduk mexico dan orang-orang asing.

Menikah dan pesta syurkuran di pantai menjadi pilihan banyak orang di tepi pantai Playa del Carmen. Siapa tahu nanti giliran Anda?

Bagi yang tertarik kemari…

·         Menggunakan pesawat terbang dari Mexico (2 jam terbang) atau kalau mau hemat bisa naik bus kurang lebih 18 jam. Tergantung bujet yang kita miliki.
·         Harga penginapan di Playa del Carmen bervariasi. Semakin dekat ke pantai, semakin mahal. Tipe penginapan juga bervariasi, mulai dari losmen yang murah meriah sampai hotel berbintang-bintang yang mahalnya tergantung kemampuan masing-masing turis.
·         Makanan dan minuman lokal juga masih terjangkau harganya. Saran saya, sih, sebaiknya bersantap di restoran lokal. Rasa makanan dijamin cita rasa lokal yang asli. Kecuali jika Anda jika mencoba menu gastronomi. Lagi-lagi tergantung bujet masing-masing orang, sih.
·         Tidak perlu heran jika ada beberapa restoran, toko suvenir atau jasa pijat menggunakan tarif USD karena memang banyak sekali turis amerika atau turis asing lainnya yang menggunakan mata uang USD.

Di sini nih, letak Playa del Carmen, di pinggir Laut Karibia. 

·         Menghabiskan beberapa hari di Playa del Carmen memang menyenangkan, walaupun menurut saya tidak mirip dengan liburan lokal ala orang-orang mexico. Toh nggak ada salahnya jika sudah berkunjung kemari dan menjadi saksi hidup bahwa anggapan plesiran ke Mexico, ya, harus menginjakkan kaki di Cancun dan Playa del Carmen. Setuju?



Foto: Herman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar