Like

Sabtu, 29 Maret 2014

XIII. 24. Mexico (23): Celestún, Markas Flamingo Rose yang Dilindungi


Kota yang terletak di pinggir pantai tak jauh dari Mérida ini, terkenal dengan markas flamingo pink dengan ekosistem yang dilindungi berupa hutan bakau yang merupakan markas hewan yang dilindungi tersebut.

Kami memutuskan untuk menghabiskan sehari penuh di Celestún, 2 jam perjalanan dengan menaiki bus umum dari Mérida, kota kolonial di Semenanjung Yucatán. Beruntung cuaca hari itu cerah, bahkan sangat panas menyengat. Tak apalah, toh kami akan berada di pinggir pantai dan menikmati para flamingo berjemur.

Kami dari atas perahu dan flamingo rose sebagai background-nya

Ketika tiba di tengah kota, tidak sulit mencari informasi karena banyak papan petunjuk dan banyak orang yang di tengah kota yang memberikan petunjuk untuk wisata ekologi  ini. Dengan menyewa perahu dengan kapastias maksimal 6 orang, kami diantarkan melihat langsung hutan bakau yang dilindungi yang merupakan markas flamingo rose.

Flamingo rose yang sedang berkumpul di pinggir hutan bakau tidak kami sia-siakan untuk diabadikan. Setelah itu, perahu yang kami tumpangi membawa berkeliling menyesuri hutan bakau yang masih asri dan terlihat sekali dirawat dan dilestarikan.

Hutan bakau dan ekosistem yang dilindungi.

Selain dikenal sebagai ekosistem flamingo rose, Celestun juga dikenal sebagai kota para pemancing yang menghasilkan ikan dan udang. Banyak restora di tepi pantai yang menyajikan hasil laut tersebut dan memang sangat lezat masakan penduduk setempat.

Kegiatan utama penduduk setempat: memancing hasil laut dan menyajikan masakan yang lezat.

Penting, nih…

·         Celestún sangat mudah dijangkau dengan bus umum. Ada jadwal keberangkatan setiap harinya. Karena itu harus diperhatikan betul jadwal bus tersebut agar kita tidak ketinggalan untuk kembali ke kota.
·         Ongkosnya pun tidak mahal. Cocoklah untuk para pelancong hemat murah meriah dengan bujet terbatas.
·         Untuk menyewa perahu berkeliling melihat ekosistem flamingo rose dan hutan bakau, jangan segan menawar harga perahu, tetepi jangan keterlaluan menawar dengan harga sangat rendah, ya.
·         Hampir seluruh rumah makan di Celestún menyajikan santapan hasil laut dengan harga yang bervariasi dan rasa yang lezat. Pilih-pilih tempat makan boleh saja, tetapi bagi kami, semua restoran di sana mayoritas menyajikan masakan yang enak dengan harga yang terjangkau.

Disini, nih, letak Celestún.



Foto: Herman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar