Like

Senin, 25 Februari 2013

VIII. 23. Estado Lara, Venezuela (5): Arsitektur Kolonial yang Cantik dan Pusat Kerajinan Tangan

Setelah puas menjelajah Maracaibo dan menyeberangi danaunya melalui jembatan yang panjangnya hampir 9 km, kemudian saya melanjutkan perjalanan ke Propinsi (Estado) Lara. 

Estado Lara terkenal dengan kota-kota kolonial yang apik dan kerajinan tangan khas Venezuela yang terkenal: hammock (bahasa inggris), hamaca (bahasa spanyol) atau tempat tidur gantung (bahasa Indonesia).


Suasana kota Carora dengan Katedral di tengah kota.


Sepanjang perjalanan, saya melewati daerah yang memiliki alam yang indah. Sayangnya infrastrukur jalanan tidak terlalu bagus, jalanan banyak berlubang dan tidak banyak rambu penunjuk jalan. Intinya, sih, jika berkendara harus hati-hati dan pasang mata baik-baik.

Di propinsi Lara ini, saya mengunjungi kota kecil kolonial yang bernama Carora dan El Tintorero. Yang terakhir adalah pusat kerajinan tangan hammock. Itu lho..tempat tidur gantung yang terbuat dari bahan baku katún yang dioleh dari kapas dan dipintal menjadi benang besar dan dikerjakan dengan tangan. 

Hammock sangat populer di pesisir Laut Karibia dan juga di rumah-rumah penduduk. Tak perlu ada pohon kelapa dan pantai untuk memasangnya. Dalam kondisi apapun, hammock dipakai untuk bersantai dan bobo siang.

Carora, Pesona Kota dengan Gaya Arstitektur Kolonial

Kami memilih Carora sebagai tempat singgah karena gaya arsitekturnya yang menarik. Katedral Carora yang terletak di tengah kota dengan bergaya reneisans ini memang sengaja dibangun oleh kolonial bangsa spanyol yang menjajah daerah itu.

Bentuk lampu yang menempel di tembok rumah penduduk. 

Selain gereja, yang menarik perhatian saya adalah bentuk lampu-lampu jalanan yang menempel di tembok perumahan.

Arsistektur pintu rumah dan jendela juga tak luput dari perhatian saya. Foto ini saya ambil dari rumah penduduk yang terletak tidak jauh dari Katedral Carora.

Arsitektur pintu rumah penduduk Carora (kiri) dan jendela (kanan).

El Tintorero, kota kecil penghasil kerajinan hammock

Setelah mengagumi Carora dan tinggal 1 malam, saya melanjutkan perjalanan ke El Tintorero, yang jaraknya hampir 80 km dan ditempuh selama 1 jam dengan kendaraan.

Home industry tempat dikerjakannya hammock.

El Tintorero ini terletak di daerah penhasil kerajinan khas Venezuela, seperti kota Quibor dengan keramiknya dan kota-kota sekelilingnya. Karena masalah waktu yang terbatas, akhirnya saya memilih El Tintorero sebagai kota kerajinan.

Hasil kerajinan hammock yang dipanjang. Yak..dipilih...dipilih!

Di El Tintorero ini kita bisa menyaksikan secara langsung home industry dan workshop yang dikerjakan oleh penduduk. Setelah itu, hasil kerajinan tersebut mereka bawa ke show room untuk dijual.

Letak geografis Estado Lara.


Estado Lara itu…
  • Bisa dijadikan alternative pilihan menjelajah Venezuela dari sisi daerah colonial.
  • Banyak daerah  menarik yang dikunjungi selain Carora. Sayangnya saya tidak mempunyai banyak waktu.
  • Merupakan salah satu pusat kerajinan nasional Venezuela dan terkenal dengan hammock-nya.


Estado Lara, Januari 2009.
Foto peta: google maps.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar