Like

Sabtu, 02 Februari 2013

VIII. 16. Fortaleza, Brazil (10) : Kota Dugem dengan Pantai yang Indah

Fortaleza adalah kota terakhir di Brazil yang saya kunjungi. Dengan demikian, cerita tentang Brazil berakhir disini dan kemudian, saya akan mengajak Anda berpetualang ke Colombia, Curacao, Venezuela dan Mexico. Yang terakhir adalah negara di mana saya tinggal saat ini.

Kota yang terletak di timur Brazil ini, menjanjikan suasana santai dan penuh pesta. Fortaleza, kota yang dibangun terlebih dahulu oleh bangsa Belanda kemudian diambil alih oleh Portugis ini, memiliki garis pantai yang indah dengan warna air laut yang cantik.


Pantai-pantai di Fortaleza.
Kebiasaan Penduduk Pesisir
Selama 2 minggu saya mengunjungi Fortaleza. Udara yang lembab dengan sinar matahari yang super royal, membuat kita tidak ingin pecicilan di siang hari. 


Seperti yang sudah saya tulis tentang ritme hidup yang lebih santai di kota-kota pinggir pantai memulai kegiatannya di sore hari, Fortaleza 
termasuk di dalamnya. Maksudnya, akivitas sebagian masyarakatnya 
baru 'on' mulai sekitar pukul 4 sore waktu setempat sampai dini hari. 
Pertanyaan saya adalah, di pagi sampai siang hari, mereka ngapain, ya? Tidur. Jawab sebagian masyarakat yang saya temui. Kecuali untuk 
aktivitas perniagaan, seperti pasar tradisional dan aktivitas kelautan, 
tentunya berbeda dengan mereka yang bekerja di restoran atau di bar. 



Menikmati Caipirinha di pinggir Pantai Iracema.

Tingkat Kejahatan yang Tinggi
Tidak perlu mengundang orang lain berbuat kriminal jika suatu saat Anda mengunjungi Fortaleza. Tetaplah hati-hati dan waspada terhadap diri sendiri maupun barang-barang bawaan. Biarpun para Pak polisi siap siaga di setiap sudut kota ini untuk mengantisipasi tindak kriminal, tetap saja tingkat kejahatan tetap tinggi di kota pantai ini.



Senin, Hari Gaul di Fortaleza
Fortaleza terkenal dengan kehidupan malam yang begitu dahsyat dan menawarkan pesta sampai titik darah penghabisan setiap malamnya. Yang unik di kota ini, yaitu hari gaul dalam artian anak-anak mudanya justru hang out di senin malam atau malam selasa. Tempat favorit mereka yang juga terkena seantero Brazil adalah ' Pirata', di mana kita bisa berdansa Forro, tarian khas di Propinsi ini. 

Mengunjungi Pantai-pantai
Selama di Fortaleza, kami tinggal di apartemen yang menghadap ke laut. Pantai yang berada di dekat apartemen kami adalah Praia de Iracema atau Pantai Iracema. Di sekitar pantai ini, ada beberapa restoran di pinggir pantai yang menyediakan aneka menu makanan dan minuman khas Brazil.





Suatu siang yang terik sebelum bekerja di pameran, saya dan 2 orang menyempatkan mengunjungi Praia do Futuro atau Pantai Futuro, yang terletak agak jauh dari apartemen kami tinggal. Dengan menumpang taksi selama 20 menit, akhirnya kami tiba di pantai ini.

Berbeda dengan Pantai Iracema yang lebih kalem dengan ombak yang kecil, Pantai Futuro adalah pantai ideal untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Salah satunya adalah bermain layang-layang dan surfing. 

Secuil Goresan tentang Fortaleza:

  • Salah satu kota terbesar di Brazil
  • Terkenal dengan kehidupan malam yang hingar bingar. Jika Anda bukan tipe orang yang gemar dugem atau kehidupan malam, tidak perlu berlama-lama tinggal di Fortaleza. Jadikan Fortaleza sebagai ' pintu gerbang' untuk menjelajahi kota-kota atau daerah-daerah yang menarik di bagian timur laut Brazil.
  • Jangan lupa bawa sunblock, karena suhu udara yang super panas dan lembab serta sinar matahari yang royal bisa membuat kulit kita terbakar.
  • Jaga diri dan waspada karena Fortaleza termasuk kota dengan tingkat kriminal yang tinggi.
  • Misalnya Anda kena todong atau dirampok, tidak perlu panik dan jangan sekali-kali melakukan kontak mata langsung dengan si penodong. Mereka mengincar harta benda yang ada di Anda, bukan nyawa Anda. Jadi, sebaiknya, berikan semuanya daripada nyawa Anda melayang sia-sia.

Fortaleza, Juni 2009
Foto peta: google maps



4 komentar:

  1. Hello..salam kenal juga ;) terima kasih sudah mampir ke blog..

    BalasHapus
  2. saya sedang menulis novel ketiga saya yang memiliki lattar di Fortaleza Bisakah kakak membantu saya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja. Kirim emailmu ke puruhita.sardjan@gmail.com
      Semoga saya bisa membantu ya...

      Hapus