Like

Selasa, 12 Februari 2013

VIII. 19. Manizales, Colombia (3): Kota Festival di Pegunungan


Tahukah Anda jika Colombia termasuk salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia? Menurut obrolan dengan penduduk lokal yang saya jumpai, salah satu perkebunannya berada di Manizales. Biarpun topografi bergunung-gunung, ternyata tanaman kopi bisa tumbuh dengan subur disini.

Alam Pegunungan Manizales.

Manizales adalah kota berikutnya di Colombia yang saya kunjungi. Tujuan saya ke Manizales sebenarnya bukan plesiran, melainkan berpartisipasi dalam pameran tahunan yang digelar setiap tahunnya di awal tahun. Dengan letak geografis di daerah pegunungan yang elok, hawa sejuk dan segar bisa dinikmati dengan leluasa di sini. Dengan menumpang pesawat kecil dari Bogotá selama 1 jam, kami berhasil landing dengan situasi pegunungan di sekililing. Ngeri? ya, pasti, dong. Ngeri juga kalo 'nyenggol' salah satu anak gunungnya, kan? 




Disini serunya saya merasakan 'nyemplung' dalam komunitas penduduk asli Colombia. Menyenangkan. Tapi kalau urusan pekerjaan, ingin garuk-garuk aspal rasanya saking 'gemes' dengan jawaban nge-les dan memanfaatkan ketidakmahiran bahasa spanyol saya waktu itu. 

Kota Festival
Setiap awal tahun, Manizales menggelar acara penting, yaitu festival dan pameran internasional yang diikuti oleh berbagai negara. Saya adalah salah satu yang berpartisipasi. 

Festival ini cukup diperhitungkan di Colombia, terbukti banyak orang pentingyang membuka dan menghadiri acara ini. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah Miss Colombia 2007. 




Menginap di Rumah Penduduk Setempat
Selama hampir 3 minggu saya berada di Manizales. Untuk tempat tinggal, biasanya seperti di kota-kota atau negara-negara lain, saya menginap di hoel. Tetapi di Manizales, kok, ya, kebetulan sekali ada ibu-ibu penduduk setempat yang tiba-tiba berkunjung ke stand saya dan menawarkan untuk menginap di rumahnya. Sebut saja namanya Ibu María. Tadinya saya ragu-ragu karena tidak mengenalnya sama sekali.

Bersama Paola (asisten asal Bogotá) yang menemani saya juga selama pameran, akhirnya kami berkunjung terlebih dahulu ke rumah Ibu María untuk memastikan keadaan rumahnya. Karena merasa sreg, akhirnya Paola dan saya menginap di rumahnya selama acara festival dan pameran berlangsung. Selama menginap di rumahnya, semuanya berjalan lancar. Ibu María menerima kami seperti layaknya tamu dan beliau adalah ibu homestay kami. Setiap pagi, beliau menyiapkan sarapan pagi dan malamnya menyiapkan masakan khas Manizales dan Colombia. Qué rico




Suasana Kota Kolonial yang Indah
Selain keindahan alamnya, Manizales juga memiliki bangunan-bangunan dengan aristektur kolonial yang memesona. Sebagian besar bentuk jalanan yang meliuk-liuk dan naik turun, memerlukan keahlian menyetir kendaraan yang tinggi. 



Sekilas tentang Manizales...
  • Terletak di Colombia timur.
  • Secara geografis, terletak di antara 2 kota indah di Colombia: Medellín dan Popayán.
  • Untuk tingkat keamanan lebih terjamin. Saya sendiri merasa lebih aman dan nyaman berada di sini. Selain itu, penduduknya juga ramah.
  • Jika ingin mengenal wajah asli Colombia, berkunjung ke Manizales bisa dijadikan pilihan.

Manizales, Colombia, Januari 2008

Foto peta: google maps

Tidak ada komentar:

Posting Komentar