Like

Minggu, 24 Februari 2013

VIII. 22. Maracaibo, Venezuela (4): Kota Penghasil Minyak Perpaduan Modern-Tradisional


Penjelajahan di Venezuela berikutnya adalah Maracaibo yang merupakan ibukota Propinsi (Estado) Zulia yang terletak di bagian barat Venezuela. Propinsi ini terkenal dengan penghasil minyak dan merupakan pusat perekonomian penting Venezuela.

Selama 3 hari 2 malam, saya mengunjungi kota Maracaibo dan sekelilingnya yang terletak di pinggir danau yang merupakan danau terbesar di Venezuela. Udara yang sangat panas, seringnya bisa mencapai suhu 45 derajat, mewajibkan kita untuk selalu banyak minum air. Selain itu, udara yang lembab juga mempengaruhi mood dan karakter penduduk sekitar yang keras, terkadang kasar dan cara berbicara mereka kencang seakan berbicara normal pun terdengar seperti berteriak.

Perpaduan Modern dan Tradisional

Sebagai kota dan Propinsi penghasil minyak dan barang tambang lainnya, Maracaibo dan Estado Zulia mau tidak mau harus membangun infrastruktur modern untuk mendukung pertambangan minyak tersebut. Walaupun demikian, pemerintah dan penduduk kota tidak melupakan sisi tradisi, agama dan budaya yang memang sudah lama tumbuh dan berkembang di sana.

Sepanjang jalan mengitari pusat kota, saya melihat banyak gereja dan satu Basilica yang terkenal dan merupakan tempat wajib  yang harus dikunjungi di Maracaibo. Apa saja yang menarik di kota ini?

Basílica de Nuestra Señora de Chiquinquirá

Basílica yang paling banyak dikunjungi oleh penduduk lokal, turis lokal bahkan turis mancanegara menjadi icon kota Maracaibo. Arsiterktur luar dan interior Basilica menjadi daya tarik yang mampu menarik perhatian banyak turis. Selain itu, legenda dibalik cerita Basílica ini dipercaya sampai saat ini.

Basílica de La Nuestra Señora Chiquinquirá.


Monumento de La Virgen Chinita de la Ciudad Maracaibo

Dibangun untuk menghormati La Virgen yang dianggap perempuan suci. Monumen ini juga dibangun dengan konsep taman kota dan penduduk lokal bisa menikmati keindahan taman ini.

Monumen La Virgen.

Iglesia de Santa Barbara

Bisa dikatakan bahwa banyak gereja yang terawat rapi di Maracaibo. Sisi agama dan tradisi terlihat jelas dijaga ditengah arus modernisasi pembangunan gedung-gedung yang menjulang tinggi.

Iglesia Santa Barbara.

Warna-warni!

Yang menarik menjelajah Maracaibo selain tempat-tempat bersejarah dan agama, arsitektur perumahannya bisa dikatakan menarik. Aneka warna cat memenuhi jejeran perumahan dengan gaya kolonial. Cat warna warni ini menunjukkan kota Maracaibo sangat hidup dan penduduknya yang berjiwa terbuka.

Deretan rumah yang berwarna-warni.

Jembatan General Rafael Urdaneta

Salah satu icon Maracaibo dan Estado Zulia adalah jembatan sepanjang hampir 9 km yang menyeberangi Danau Maracaibo, yang bernama Puente General Rafael Urdaneta. Nama ini diambiil dari pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Venezuela.

Jembatan Urdaneta.

Maracaibo itu…
  • Kurang bisa disebut sebagai kota turis karena memang kurang banyak atraksi dan tempat-tempat menarik yang dikunjungi.
  • Terkenal dengan kota minyak dan juga merupakan pusat perekonomian Venezuela.
  • Suhu udara yang sangat panas dan saking panasnya mempengaruhi emosi dan tertular ingin cepat marah. Hihi, ini beneran, lho..
  • Sisi lain Venezuela yang menampilkan budaya pinggir laut Karibia dan karakter penduduk pesisir yang keras.
Letak Geografis Maracaibo.


Maracaibo, Januari 2009
Peta: google maps

Tidak ada komentar:

Posting Komentar