Like

Kamis, 14 Februari 2013

VIII. 21. Mérida, Los Andes, Venezuela (2): Daerah Pegunungan yang Elok


Setelah sedikit 'briefing' tentang Venezuela di cerita sebelumnya, saat ini saya ingin bercerita tentang penjelajahan beberapa Propinsi di negara ini.

Venezuela adalah negara di amerika latin, yang terletak di pinggir laut Karibia di sebelah utara, dengan berbatasan langsung dengan Colombia di bagian barat, di sebelah timur berbatasan dengan Guyana dan dengan Brazil di bagian selatan. Dari segi sejarah, Venezuela dan Colombia mempunyai cerita bersama. Saya tidak akan membahasnya disini, ya. Nanti lupa cerita jalan-jalannya ;)

Estado (Propinsi) Mérida yang termasuk Los Andes di Venezuela adalah daerah yang saya jelajahi pertama kali. Bertebarannya pegunungan tnggi dan salah satunya yang paling tinggi di Venezuela, yaitu Pico Bolivar. Setelah acara pameran produk Indonesia yang saya ikuti di Caracas selesai,  bersama 3 teman asal Caracas, kami menempuh jarak selama 8 jam untuk tiba di Propinsi yang terkenal dengan keindahan alamnya.

Suasana Los Andes.

Secara geografis, daerah yang termasuk Pegunungan Los Andes adalah Trujillo, Mérida dan Tachira yang terletak di sebelah barat daya Venezuela . Daya tarik Los Andes yang dipenuhi pegunungan cantik dengan pesona alam yang memukau, menawarkan olahraga alam yang penuh tantangan. Selain iu, deretan pegunungannya semakin menyimpan misterius akan keanggunan alam Venezuela berikut dengan penduduk asli dan dialek bahasanya.

Penuh dengan Pegunungan Indah
Los Andes ini sungguh memanjakan mata. Bagaimana tidak, karena sekeliling kita akan dipenuhi dengan puncak gunung tertinggi di Venezuela, Pico Bolivar, sampai daerah perbukitan rendah dengan tanaman khas daerahnya. Tak hanya itu, Pico El Águila pun seolah tak mau ketinggalan memamerkan keindahannya.


Laguna Mucubají di Los Andes.
Mucubají dan Laguna Negra, Primadona Los Andes
Menjelajahi pegunungan Los Andes yang berlika-liku, tak terasa kita akan tiba di ketinggian 3000an meter dari permukaan laut dan kita akan merasakan permukaan dataran. Di depan mata, terbentang Laguna Mucubají yang merupakan salah satu laguna terbesar di Los Andes. 


Atas: Laguna Negra. Bawah: Perjalanan menuju Laguna Negra.

Ada juga laguna kecil yaitu Laguna Negra yang tempatnya tersembunyi di balik bukit dan kita diwajibkan untuk jalan kaki atau menaiki kuda untuk mencapainya. Rute jalan yang elok dijamin akan melupakan waktu tempuh selama 2 jam untuk mencapainya dan 2 jam untuk kembali ke parkiran. Siap-siap air minum dan sepatu jalan yang nyaman, ya.

Jají: Kota Cantik dengan Ciri Khas Hacienda

Setelah mengeliling Pegunungan Andes yang panjang dan tak ada habisnya, kami memutuskan untuk mampir ke Jají, kota kecil yang cantik yang merupakan daerah asli penduduk Los Andes. Jalan menuju Jají, populer dengan sebutan Rute Sun Road. Indah sekali pemandangannya.


Suasana kota kecil Jají dan Hacienda del Carmen.


Di Jají kami memang janjian dengan Mindy, teman Indonesia yang memang waktu itu tinggal di Caracas dan sedang liburan akhir tahun. Kami menginap di hacienda (penginapan khas) yang menjadi langganan Mindy dan suaminya, Hacienda El Carmen.



Letak Geografis Merida dan Los Andes di Venezuela.

Tentang Mérida dan Los Andes:

  • Daerah yang menarik dikunjungi bagi Anda yang berjiwa petualang. 
  • Banyak tempat menarik di sepanjang pegunungan. Misalnya, kedai café atau restoran dengan dekorasi unik penduduk lokal, gereja tua kecil yang didirikan dari bebatuan, sampai anak-anak Andino (sebutan penduduk lokal Los Andes)  dengan wajah yang khas.
  • Disini saya merasakan tingkat keamanan yang terjamin dan merasa nyaman. Berbanding terbalik dengan anggapan bahwa Venezuela adalah salah satu negara berbahaya di dunia. Tapi harus tetap hati-hati, sih, di manapun berada.
  • Penduduk Mérida yang ramah dan baik hati, menawarkan banyak tempat menarik yang tidak tertulis di buku panduan.
  • Waktu yang tepat untuk mengunjungi Los Andes adalah sepanjang tahun, tidak terpengaruh banyak oleh cuaca karena diuntungkan oleh letak geografis yang elok.

Los Andes, Desember 2008 - Januari 2009
Foto peta: google maps





Tidak ada komentar:

Posting Komentar