Like

Minggu, 27 Januari 2013

VIII. 15. Brasilia, Brazil (9): Ibukota Brazil yang Bebas Macet

Ibukota Brazil yang ke-3 ini cocok disebut sebagai pusat kota modern di Brazil yang memang sengaja dibangun untuk pusat pemerintahan dan perekonomian negara. Perwakilan-perwakilan negara seluruh dunia juga berpusat di Brasilia.


Asisten saya memberi hadiah yang dibuatnya sendiri.

Banyak bangunan dengan artistektur modern dan tata kota yang memang didesain serapi mungkin seperti yang kita mau. Adalah arsitek kelahiran Rio de Janerio, Oscar Niemeyer yang berjasa dengan membangun berbagai gedung dengan arsitektur yang modern. desain jalanan kota yang super lebar dan bebas macet adalah salah satu kelebihan Brasilia yang termasuk ke dalam golongan ibukota negara dan kota besar.


Gedung Kongres Nasional, arsitek Oscar Niemeyer.

Berkunjungnya saya ke Brasilia apalagi kalau bukan untuk urusan pekerjaan. Selama 10 hari, saya berada di kota yang hawanya panas. Cocok untuk menikmati es kelapa di warung pinggir jalan. Ini bukan cerita mengada-ngada, melainkan suatu kenyataan dimana kita bisa menikmati makanan khas Brazil di warung tenda dengan menu nasi dan minuman es kelapa.


Jajan di warung ala Brasilia. Ada menu nasi dan minuman es kepala.

Alex, sepupu saya yang kebetulan saat itu memang tinggal dan bekerja di Brasilia. Bersama Alex pula, saya menyaksikan karnaval dan suasana kota Rio de Janeiro. Selama pameran berlangsung pun, saya menginap di rumah Alex beberapa malam.


Menikmati Brasilia di malam hari.

Saya menikmati Brasilia di malam hari ketika pameran selesai dan Alex pulang bekerja. Udara Brasilia sangat sejuk di malam hari dan panasnya minta ampun di siang hari.


Letak geografis Brasilia.

Brasilia itu…

  • Transportasi umum tersedia dan nyaman. Para sopir bus dan penumpang menghormati halte bus untuk tempat pemberhentian bus untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. 
  • Jika kita tinggal di Brasilia, lebih praktis memiliki mobil. Karena selain jalanan bebas macet, segala urusan memang lebih mudah dengan mengendarai kendaraan pribadi.
  • Untuk taksi, di Brasilia tergolong tidak mahal. Keuntungan lainnya adalah kita mendapat discount 30% dari total argo taksi jika kita memesan dari rumah.
  • Sedia topi, sunblock dan kacamata hitam karena matahari tidak pelit bersinar di ibukota ini.
  • Brasilia bukan tempat turis tetapi jika kita ingin menikmati detil arsitektur modern, disini tempatnya. 
  • Jauh dari pantai karena secara geografis, Brasilia berada di tengah-tengah Brazil. Untuk hiburan penduduk setempat, pemerintah Brazil membangun danau yang super luas, bersih dan tertata rapi. Cocok untuk piknik. 
        Brasilia, Oktober 2008
        Obrigada Alex.
        Foto gedung Kongres Nasional: kol. Alex
        Foto peta: Google maps



Tidak ada komentar:

Posting Komentar