Like

Minggu, 28 April 2013

XIII. 7. Mexico City (6): Menyaksikan Lucha Libre



Satu hal yang tidak boleh ketinggalan untuk dilihat atau ditonton ketika mengunjungi Mexico City adalah menyaksikan Lucha Libre (lu-ca li-bre). Lucha Libre atau wrestling dalam bahasa inggris adalah salah satu aksi yang wajib ditonton yang merupakan olahraga sekaligus termasuk seni pertunjukan yang cukup populer di Mexico.

Banyak tempat yang menyajikan pertunjukan populer Lucha Libre di Mexico. Salah satunya adalah di Arena Mexico yang terletak tak jauh dari pusat kota Mexico City. Pertunjukan Lucha Libre ini digelar 2 atau 3 kali seminggu, yaitu di hari selasa, jumat dan sabtu malam atau jumat dan sabtu malam. Tergantung musim bertanding.

Saya di antara para penonton Lucha Libre (kiri atas); Pertandingan pun melebar sampai ke luar ring (kanan atas); serunya lihat para wanita bertanding. Kebanyakan jejeritannya (bawah).

Setiap peserta lucha libre ini wajib mengenakan kostum dan topeng. Dan kita para penonton, tidak boleh dan tidak pernah mengetahui wajah asli para peserta. Nama-nama pun wajib mereka punyai dan dijadikan mode oleh para penontonnya yang fanatik. Misalnya Astro, Angel atau Místico.

Lucha libre ini tidak hanya diikuti oleh para peserta laki-laki, para wanita pun boleh ikut pertandingan olahraga populer ini. Nha, mereka boleh mengenakan topeng atau tidak, tergantung mereka. Lebih serunya lagi menyaksikan para wanita bertanding, mereka banyakan jejeritannya dan kalau sudah gemas dengan lawannya, mereka bisa saling tarik rambut. Ya, ampun!

Menjadi pemenang atau peserta yang kalah bukan soal besar. Yang terpenting adalah mereka menyajikan pertunjukan yang spektakuler bagi para penonton. Ya, karena lucha libre adalah bagian dari seni pertunjukan. Biasanya yang kalah, disoraki habis-habisan oleh penonton dan menghilang ke balik panggung dengan jejeritan penonton yang kadang ´mengerikan´. Sedangkan pemenangnya, dieluk-elukan.

Pertunjukan lucha libre ini sangat menarik. Dijamin akan menjadi pengalaman tak terlupakan selama mengunjungi Mexico.

Mexico, Desember 2011.
Foto: Litok Vera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar