Like

Selasa, 02 April 2013

XI. 1. Mengunjungi Bucharest, Rumania dan Brno, Ceko


Di Bab baru ini, saya akan menceritakan pengalaman saya keliling ke beberapa kota di negara-negara Eropa, seperti Bucharest (Rumania), Brno (Ceko), Saint Etienne (Prancis) dan Saint –Lô (Prancis).

Selama tahun 2007 sampai saat ini hidup saya nomaden dan bolak balik antara benua Amerika Latin dan Eropa. Bukannya sombong, tetapi untuk masalah pekerjaan yang memang menuntut saya untuk berpindah-pindah kota, bahkan negara setiap 2 minggu.

Tadinya, sih, sempet keder, ya. Dari jetleg, pusing kerjaan, menghadapi orang yang berbeda bahasa, bangsa dan budaya serta juga mengelola emosi agar tidak cepat naik darah dengan hal-hal yang saya hadapi tersebut. Hal ini tidak mudah. Banyak orang yang iri dan cemburu dengan kehidupan saya. Tetapi, mereka tidak mengetahui dibalik ´enaknya´ hidup saya itu, ada harga mati yang harus dibayar: pekerjaan.

Saya berusaha untuk menikmati perjalanan ini. Mulai dari angkat koper, berdebat pada saat check in karena kelebihan berat koper sampai pernah dideportasi dari Milan, Italia. 

Saksi bisu perjalanan saya semua itu adalah koper yang setia menemani saya. Koper yang setia dibongkar muat isinya, koper yang dibanting, koper yang menemani saya tidur di bandara sampai koper yang menyimpan semua kenangan perjalanan saya di dalamnya.

Pengalaman saya selama di Bucharest, Rumania dan Brno, Ceko.

Di antara menjelajah negara-negara Amerika Latin, saya juga bolak-balik ke Eropa. Adalah mampir ke Bucharest untuk mengurus pekerjaan. Lalu mampir ke Brno melalui Wina (Austria) lalu kembali ke Prancis dan kembali lagi ke negara-negara Amerika Latin.

Di Brno, Ceko, saya hadir selama 1 hari untuk pembukaan acara Budaya Indonesia oleh pemerintah setempat. Hanya bermalam 1 malam, kemudian saya melanjutkan perjalanan menuju Prancis dengan menumpang kereta, kemudian melanjutkan perjalanan kembali lagi ke Amerika Latin.

Bucarest, Rumania dan Brno, Ceko, di bulan juli 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar