Like

Minggu, 21 April 2013

XIII. 3. Xochimilco, Mexico City (2): Menikmati Kebun Bunga dari Atas Perahu


Hola!

Jika di blog sebelumnya saya menceritakan sedikit banyak tentang gambaran negara Mexico dan ibukotanya, Mexico City secara umum, kali ini saya akan mengajak Anda mengenal lebih dekat salah satu daerah di Mexico City yang menarik untuk dikunjungi: Xochimilco (so-ci-mil-ko).

Xochimilco adalah bahasa Nahuatl yang dalam bahasa Indonesia berarti kebun bunga. Terletak di sebelah selatan Mexico City, Xochimilco ini yang sebagian besar daerahnya meliputi danau yang mengelilingi pulau kecil cocok dikunjungi di akhir pekan di bulan april dan mei ketika bunga-bunga bermekaran.

Termasuk Peninggalan Warisan Dunia versi UNESCO

Tidak main-main bahwa pelestarian lingkungan dan daerah wisata Xochimilco menarik perhatian UNESCO untuk menganugerahkan salah satu Warisan Dunia di tahun 1987. Daerah Xochimilco yang berbunga-bunga dan hijau serta merupakan salah satu peninggalan sejarah di masa lalu, dilestarikan oleh penduduk setempat yang secara sadar bahwa daerahnya memiliki potensi yang besar dari segi pelestarian lingkungan dan wisata.

Xochimilco yang merupakan salah satu Warisan Dunia versi UNESCO.

Naik perahu warna warni

Yang membuat menarik berwisata ke Xochimilco adalah dengan menumpangi perahu yang didandani dengan cantik dengan aneka macam warna cat yang terang benderang. Coba, deh, perhatikan bahwa setiap kapal mempunyai nama sendiri-sendiri. Kebanyakan sih, nama-nama perempuan dan berbau latin, seperti: Maria Fernanda, Alejandra, Beatriz, dan lain-lain. Menarik, ya?

Suasana Xochimilco dari atas perahu dengan nama-nama yang unik.

Siapapun bisa menumpangi kapal cantik ini. Durasinya tergantung keinginan penumpang. Minimal 1 jam agar bisa mengelilingi pulau kecil dan melihat situasi sekitar sampai mengunjungi kebun bunga di sekitar rumah penduduk.

Kita pun bisa menepi jika kita membeli bunga atau tanaman di sekitar pulau kecil yang memang menawarkan toko bunga denga harga yang sangat terjangkau. Sangat murah malah.

Hiburan di atas perahu

Selain berwisata menikmati keindahan Xochimilco dari atas perahu, kita juga bisa menikmati alunan musik mariachi (musik khas Mexico) dari atas perahu. Para pemusik menawarkan jasanya juga dari atas perahu. Yang menarik juga adalah kita tak perlu takut kelaparan karena sepanjang mengelilingi Xochimilco dengan perahu, pasti kita jumpai warung makanan dadakan yang menyediakan aneka jajanan dari atas perahu.

Berbagai macam hiburan dan jajanan dari atas perahu ada di Xochimilco. Mariachi (atas); seorang wanita memasak makanan lokal (kiri bawah): makanan lokal yang siap dinikmati di atas kapal sambil berwisata keliling Xochimilco (kanan bawah).

Xochimilco itu…
  • Salah satu wisata murah meriah di Mexico City dan sangat membumi serta kesempatan berbaur dengan masyarakat lokal yang ramah.
  • Merupakan salah satu pengalaman wisata yang menyenangkan ketika berkunjung ke Mexico City.
  • Bisa jajan makanan lokal Mexico dan menikmati alunan musik mariachi dari atas perahu.

Bagaimana cara mencapai Xochimilco?
  • Mudah sekali karena masih termasuk daerah yang terletak di Mexico City. Kita bisa mencapainya dengan mengendarai mobil.
  • Kita juga bisa menumpang transportasi umum, seperti metro (kereta bawah tanah) akan membawa kita ke tujuan dengan menyambung menaiki tren ligero.
  • Selain metro, kita juga bisa menaiki bus umum, peseros (semacam metro mini di Jakarta), dengan rute tengah kota sampai Xochimilco.

Tertarikkah Anda mengunjungi kebun bunga Xochimilco ini? Yang ada di benak saya, Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia yang memiliki sungai atau danau, pasti bisa, dong, menjadikan area tersebut sebagai obyek wisata?

Sebagian foto: Herman
Mexico City, April 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar