Like

Selasa, 23 April 2013

XIII. 4. Mexico City (3): Coyoacán, berkunjung ke Rumah Frida Kahlo


Jika suatu saat Anda memutuskan untuk berlibur, menejelajah dan mengenal Mexico City, saya sarankan jangan lewatkan untuk mengujungi Coyoacán dan menginjakkan kaki di Rumah Biru Frida Kahlo.

Papan ´Selamat Datang´ di Coyoacán dengan simbol sepeda yang menunjukkan bahwa daerah ini  sangat mendukung program ramah lingkungan dengan bersepeda (atas); Pusat Kebudayaan Coyoacán yang menawarkan banyak aktivitas menarik di bidang seni (bawah).

Salah satu seniman Mexico yang terkenal di seluruh dunia, Frida Kahlo, dan suaminya, Diego Rivera pernah menetap di daerah Coyoacán. Terletak 12 km dari pusat kota Mexico ke arah selatan, Coyoacán menawarkan atmosfer daerah yang berbeda dengan bangunan-bangunannya yang bergaya kolonial.

Dari segi sejarah Mexico, Coyoacán berpartisipasi di dalamnya. Adalah Hernan Cortés yang memilih tinggal di daerah Coyoacán pada saat melawan dominasi Aztec pada abad 16. Seiring berjalannya waktu, Coyoacán berkembang menjadi daerah popular yang marak dengan arsitektur bergaya kolonial serta menjadi pilihan tempat tinggal para bangsawan dan seniman.

Casa Azul* de Frida Kahlo

Saat ini, Coyoacán dikenal sebagai daerah rumah sang artis atau seniman wanita asal Mexico, Frida Kahlo. Jika Anda mengetahui tentang sejarah seniman wanita yang terkenal dengan karyanya yang berjudul ´Viva La Vida´, Anda bisa menjumpai karya aslinya yang saat ini berada di Casa Azul yang menjadi Museum Frida Kahlo.

Tampak depan Museum Frida Kahlo (atas); salah satu sudut yang menandakan bahwa Frida dan Diego pernah menetap di Rumah Biru ini dari tahun 1929 - 1954 (kiri bawah); siapapun bisa bertransformasi menjadi Diego Rivera dan Frida Kahlo (kanan bawah).

Rumah Biru Frida Kahlo terletak di kawasan perumahan Coyoacán. Berdiri kokoh di pojakan jalan, bercat biru dan oranye. Khas Mexico menurut saya. Rumah pribadi yang bertransformasi menjadi museum sang seniman, selalu penuh didatangi oleh para turis lokal dan turis dari seluruh penjuru dunia.

Museum Frida Kahla didesain dengan menjaga keutuhan bangunan serta ruangan-ruangannya, mulai dari ruang kerja Frida Kahlo, ruang tidur sampai dapur, seluruhnya didesain dengan apik, seolah-olah kita kembali semasa hidup Frida Kahlo.

Suasana dari taman Rumah Frida Kahlo. Cafe dan dengan teras pepohonan yang rindang (atas); Salah satu sudut bangunan rumah (tengah); bagian tengah rumah (bawah).

Sayangnya, kita tidak boleh memotret raungan-ruangan maupun koleksi-koleksi sang artis. Nah, ini harus ditaati, ya.

Lain hal ketika kita menikmati taman dan halaman sekitar Rumah Biru Firda Kahlo nan asri dan luas. Pepohonan rindang dan suasana café menyempurnakan hari kunjungan ke rumah sang bintang.

Casa Azul itu…

  • Bisa dicapai dengan kendaraan umum dari tengah kota Mexico City, bahkan turibus (tourist bus) dengan suka rela melewatinya.
  • Sangat dekat dengan pusat kota Coyoacán yang selalu ramai dengan pemandangan café, restoran aneka barang jualan yang dijajakan di pinggir jalan.
Suasana Coyoacán. 
  • Patuhi seluruh ketentuan dan peraturan ketika mengunjungi Museum Frida Kahlo. Seperti tidak maksa memotret ruangan interior sang bintang. Wisata mata dan disimpan di hati dan di kepala adalah salah satu kita menjaga kenangan ketika berkunjung langsung ke rumah sang seniman yang terkena penyakit polio di kala usianya masih anak-anak.
  • Menceritakan suka dan duka serta saksi bisu atas penderitaan dan kebahagiaan hidup sang bintang. Anda akan hanyut di dalamnya bersama dengan karya-karyanya yang menggambarkan pemberontakan, kejujuran dan arti feminisme menurut Frida Kahlo.
  • Terletak tidak jauh dari Museum Leon Trotsky.  


Siap untuk mengunjungi Coyoacán ketika mampir ke Mexico City?

Mexico City, April 2012

*Bahasa spanyol yang berarti Rumah Biru

Foto: Herman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar