Like

Sabtu, 26 Januari 2013

VIII. 14. Campo Grande, Brazil (8): Kota Autentik di Brazil Tengah


Bolehnya saya terdampar di Brazil Tengah karena pameran yang seharusnya saya ikuti di Sao Paolo dibatalkan secara tiba-tiba. Panik, dong, karena sudah terbang jauh-jauh dari Indonesia tetapi sia-sia. Tak habis akal, akhirnya saya menemukan pameran lain yang terletak di kota Campo Grande di Propinsi Mata Grasso do Sul, Brazil Tengah.

Tukang es kelapa di CAmpo Grande. Keren, ya, gerobaknya.

Dari Sao Paolo, perjalanan dengan pesawat terbang ditempuh selama hampir 2 jam. Ketika tiba di sana, ternyata kota ini sedang libur karena ada pawai karnaval. Ya ampun, ternyata karnaval di Brazil tidak hanya digelar di setiap awal februari, hihi..

Letak Geografis Campo Grande.

Potret Kota Autentik Brazil

Secara fisik, kota ini didominasi oleh bangunan-bangunan yang cukup padat. Hunian perumahan tertata rapi seperti kompleks perumahan. Serunya, Campo Grande ini dikelilingi oleh alam Brazil yang memanjakan para petualangnya. Banyak hostel dan agen perjalanan yang menawarkan petualangan di Pantanal, alam liar Brazil yang memesona.

Jalanan utama Campo Grande. Sepi di hari minggu.


Kompleks Perumahan.

Pawai dan Karnaval ala Campo Grande

Sebelum pameran dimulai, saya dan beberapa peserta pameran menyempatkan diri untuk ikutan tumpah ruah ke jalan menyaksikan pawai dan karnaval lokal yang menampilkan kelompok seni dan budaya masyarakat yang didominasi oleh anak-anak sekolah.

Pawai yang Didominasi oleh anak-anak sekolah.

Gerobak Pedagang ala Brazil

Di sela-sela kerumunan orang banyak, yang namanya penjual minuman pasti mengambil celah untuk berjualan. Gerobak minuman ini mengingatkan saya akan penjual aneka minuman di Indonesia.
Gerobak Minuman ala Brazil.

Saya bersama para peserta pameran ketika kami menonton pawai di kota.

Saya tidak tinggal lama di Campo Grande karena akhirnya harus meninggalkan kota ini untuk melanjutkan perjalanan ke kota berikutnya. Sedangkan teman-teman lainnya yang berasal dari Kenya dan Pakistan melanjutkan masa tinggal dengan berpartisipasi di acara pameran sampai selesai.

Campo Grande, Agustus 2008
Foto peta: google maps

Tidak ada komentar:

Posting Komentar