Like

Minggu, 20 Januari 2013

VIII. 8. Florianópolis, Brazil (2): Kota Favorit Pesta Selebriti Dunia


Setelah dari Recife, Brazil, saya terbang ke Caracas (Venezuela) dan lanjut ke Bogota (Colombia). Tapi saya akan meneruskan cerita tentang Brazil terlebih dahulu, setelah itu baru ´pindah´ cerita ke negara-negara selanjutnya. Hal ini supaya memudahkan cerita suatu negara dengan satu paket kota-kota yang saya kunjungi.

Sebenarnya, Curitiba (Brazil Selatan) adalah kota ke-2 yang saya kunjungi di Brazil. Tetapi karena tiba-tiba pameran yang seharusnya berlangsung dibatalkan oleh pihak panitia, membuat saya memutar haluan ke Florianópolis. Jadilah kota yang mempunyai sebutan populer Floripa ini terletak di pulau kecil Santa Catarina ini adalah kota ke-2 yang saya kunjungi.

Menjadikan Florianópolis menjadi tujuan adalah karena Simone, cewek Brazil asal Curitiba yang saya kenal di Recife. Kebetulan Simone sedang mengikuti pameran di Florianópolis. Keluarganya pun menyusul di akhir pekan untuk mengunjunginya dan juga mengenalkan kepada saya kota dan pantai yang menjadi pilihan tempat berlibur selebriti kelas dunia.

Saya berada di tengah-tengah saudara perempuan Simone (kedua dari kanan).

Jarak tempuh Curitiba – Florianopolis sejauh 300an km ke arah selatan saya tempuh sekitar 5 jam dengan menumpang bus yang nyaman. Simone dan ayahnya dengan berbaik hati menjemput saya di terminal bus, yang tak jauh dari tempat penginapan mereka.


Letak geografis Florianópolis.


Suasana lalu lintas di Florianópolis.

Churrasco = barbecue 
Bagi sebagian besar penduduk Brazil (dan bahkan negara-negara amerika latin), Churrasco (barbecue dalam bahasa portugis) adalah hal biasa yang dilakukan hampir setiap minggu bersama teman-teman dan keluarga. Moment ini mereka manfaatkan untuk quality time bersama orang-orang tercinta. Kebetulan saya jadi anggota keluarga dadakan dan mengikuti acara churrasco mereka yang terbilang sederhana namun seru.

Ini dia churrasco ala Brazil.

Menikmati Pantai Mole (Praia Mole)

Keesokan harinya, kami menuju pantai yang tidak jauh dari tempat penginapan. Dengan mengendarai mobil selama 30 menit, kami tiba di daerah kompleks pantai yang padat. Ya, padat! Florianopolis ini terletak di pulau kecil Santa Catarina yang dikelilingi laut dan memiliki pantai-pantai yang indah. Ada banyak pantai di pulau ini. Setiap pantai memiliki keunikan tersendiri, tergantung selera pengunjung. Kami pun memilih Pantai Mole (Praia Mole dalam bahasa portugis) yang letaknya cukup strategis.

Suasana Pantai Mole.


Gerobak penjual yang menyediakan aneka jenis minuman dan cocktail.



Pantai Mole cukup indah tetapi karena ombak dan arus yang terlalu besar dan kuat saat itu, kami tidak diizinkan untuk nyemplung ke pantai. Berjemur dan bermain di pinggir pantai masih diperbolehkan.

Bendera peringatan ´berbahaya´ untuk tidak nyemplung ke laut.


Nyobain Sand Bodyboarding

Setelah puas seharian berjemur dan bermain di pinggir pantai Mole, kami menuju arena sand bodyboarding. Sekelilingnya adalah padang pasir yang tinggi. Kita bisa melihat pemandangan pantai dan laut dari puncak gunung pasir ini.

Pemandangan dari gurun pasir ke arah pantai dan laut.

Saya pun ikut mencoba sand bodyboarding. Menyenangkan ketika turun dan sangat melelahkan ketika harus kembali ke puncak gurun pasir. Ternyata sulit, ya, berjalan apalagi mendaki bukit pasir.
Bergaya duñu sebelum melakukan sand bodyboarding.

Tak terasa akhir pekan di Floripa berakhir dengan cepat. Serunya saya bisa menikmati keindahan pantai yang terletak di Brazil Selatan. Di perjalanan selanjutnya, kota yang saya kunjungi adalah…Rio de Janeiro!

Florianópolis, January 2008

Obrigada para Simone, Ale, Rita, Rafa, Ata, Ricardo, Silvano e a família em Curitiba.

Foto peta: google map

Tidak ada komentar:

Posting Komentar