Like

Senin, 31 Desember 2012

Grateful




Untuk menyambut akhir tahun, blog ini akan rehat dulu, ya. Saya akan melanjutkan tulisan perjalanan dan penjelahan di Brazil, Colombia, Venezuela, Curacao dan Mexico setelah pergantian tahun. Terima kasih untuk para pembaca yang setia mengunjungi blog perjalanan saya yang sudah lama ´tidur´ lebih dari 5 tahun ;)

Beberapa hari yang lalu, saya sengaja terbang dari Mexico untuk menghabiskan sisa akhir tahun 2012 di Prancis. Tidak hanya mengunjungi Paris, saya pun menyempatkan ke pinggiran kota Paris dimana beberapa keluarga yang saya kenal tinggal disana.

Paris memang penuh daya tarik dengan sejuta pesona yang beragam. Saya menyempatkan jalan-jalan menelusuri Sungai Seine, mengunjungi Menara Eiffel, mampir ke museum, ke toko buku dan ngopi bersama beberapa teman. Kedengarannya hits dan lux, ya? Padahal saya melakukan hal ini setelah tidak tinggal lagi di Paris. 

Saya bisa menikmati Paris ketika menjadi turis. Sewaktu tinggal di kota sejuta cahaya ini kurang dari 4 tahun, kegiatan rutin sekolah, kerja dan menari yang menemani kehidupan sehari-hari. Pada waktu itu, saya hanya bisa berjuang agar bisa bertahan hidup di kota romantis yang ´keras´ ini.

Secara sengaja dan tidak, kota ini mendidik saya menjadi pribadi dan karakter yang kuat dengan kehidupan keras yang ditawarkan pada saat bersekolah dulu. 

Ketika saat ini saya menginjakkan kaki lagi di Paris dengan bukan lagi dengan status sebagai penduduk, tetapi sebagai turis yang masih memegang paspor Indonesia dan mempunyai izin tinggal Mexico, tentunya merasakan perbedaan emosi yang sulit diungkapkan.

Sejauh mata memandang Sungai Seine di musim dingin yang hangat (temperatur ´hanya´ 12 derajat), membawa pikiran saya kembali ke masa-masa tinggal di Paris. Begitu banyak pengalaman hidup yang berbeda rasa dan warna yang saya lewati (yang tentunya sudah saya tulis di blog di tulisan awal tentang Paris). Juga tak ketinggalan teman-teman, keluarga sedarah dan keluarga angkat yang banyak membantu dan ikut andil dalam perjalanan hidup saya agar bertahan di Paris.

Bersyukur. Grateful. Remerciements. Agradecido.

Selamat Tahun Baru..Happy New Year..Bonne Année..Feliz Año Nuevo 2013!




   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar