Like

Sabtu, 09 Agustus 2014

XIV. 15 (Prancis): Memulai Kembali Hidup di Prancis (Bag. 3) Karier & Pekerjaan

Tentang Karier & Pekerjaan

Jika dari segi karier, mungkin Anda yang sudah mempunyai karier bagus di Indonesia atau di negara lain, akan berpikir matang-matang sebelum ´nyemplung´ ke Prancis. 

Ketakutan dan kekhawatiran akan melakukan kegiatan apa atau akan bekerja di bidang apa tentu akan mengganggu pikiran Anda. Dan harap diingat bahwa bekerja di Prancis, syarat mutlak berbahasa prancis adalah tidak bisa ditawar lagi. 

Walaupun perusahaan multinasional atau perusahaan internasional yang didominasi bahasa inggris sebagai bahasa internasional, tetap saja kemampuan bahasa prancis tetap dinomorsatukan. Karena itu tak jarang orang-orang asing yang ´stuck´ dengan hal ini. Kalaupun mereka bisa bekerja di Prancis tetapi tidak berbahasa  dengan baik, kebanyakan dari mereka memiliki posisi tinggi atau pemberi keputusan.

Pekerjaan atau karier yang Anda rintis di Indonesia, misalnya saya memberi contoh: manajer suatu bank nasional atau kepala bagian di suatu perusahaan asuransi multinasional atau manajer marketing suatu perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia. Sebelum Anda meninggalkan karier dan pekerjaan Anda demi mengikuti suami ke negaranya, tentu Anda sudah memikirkan dengan matang.

Dengan posisi pekerjaan yang cukup tinggi, tentu Anda berfikir bisa melanjutkan pekerjaan ini di Prancis. Tidak semudah itu. Karena, walaupun Anda telah memiliki ijazah sarjana maupun master dari universitas/ pendidikan tinggi di Indonesia, belum tentu diakui di Prancis. Perlu penyetaraan ijazah yang telah diraih di negara asal di lembaga resmi pemerintah Prancis. Ditambah lagi, walaupun pengalaman dan posisi pekerjaan Anda di Indonesia sudah cukup tinggi, belum tentu ada jaminan bisa diperhitungkan di Prancis.  Apalagi jika Anda tidak menguasai Bahasa prancis.

Kendala-kendala inilah yang menyulitkan dan menyudutkan kita sebagai bangsa pendatang yang ingin melanjutkan hidup di Prancis namun tetap bisa melanjutkan karier professional. Sayangnya sistem pendidikan dan pekerjaan di Prancis tidak mudah dan tidak sama dengan di negara kita.


Karena itu, saya mulai mengerti mengapa banyak wanita asing yang depresi karena mereka dulunya mempunyai karier dan posisi penting di negara asalnya. Tetapi, ketika tinggal di Prancis mengikuti sang suami, mereka bukan siapa-siapa, bahkan sulit mendapatkan pekerjaan dan mendapatkan posisi pekerjaan seperti di negara asalnya.

Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar