Like

Rabu, 29 Mei 2013

XIII. 9. Mexico City (8): Mengunjungi Zocalo

Hola!
Maaf jika terlalu lama menunggu cerita baru tentang Mexico. Masih di seputar Mexico City yang menawarkan banyak tempat untuk dikunjungi. Zocalo, adalah pusat kota di Mexico City yang setidaknya harus Anda kunjungi ketika bertandang ke Mexico.

Mengapa Zocalo begitu istimewa?

Terhampar lapangan luas di pusat kota di antara jejeran dan himpitan bangunan bergaya kolonial, Zocalo mempunyai daya tarik tersendiri. Seperti halnya magis, di Zocalo ini kita bisa menjumpai aneka macam kegiatan. Bisa dikatakan, jika Anda ingin mengenal seperti apa sesungguhnya ibukota yang Anda kunjungi, datanglah ke pusat kota! Begitu pula di Zocalo. Anda akan menjumpai berbagai macam kegiatan dan denyut nadi kehidupan ibukota Mexico ini.

Inilah Zocalo dengan segala aktivitasnya dan tepat di mana orang tumpah ruah.

Di sekeliling Zocalo, terdapat gereja tua yang mempunyai sejarah penting yang panjang. Di sebelahnya, terdapat Templo Mayor, situs arkeologi bangsa Azteca yang membangun peradaban penting yang merupakan cikal bakal Mexico City. Lalu ada Istana Presiden yang di tengah-tengahnya, berdiri kokoh balkon yang mempunyai peranan penting yang merupakan tempat berdirinya Presiden di Hari Kemerdekaan Mexico setiap tanggal 15 september pukul 11 malam dengan merayakan El Grito: Viva Mexico!

Lalu, di setiap sudut Zocalo, bisa kita temui penari tradisional yang dengan ritual yang khas. Dengan memberinya uang receh, mereka akan sangat senang.

Sedikit tips: kita boleh terpesona dengan segala kegiatan di Zocalo, tetapi harus tetap waspada dengan barang bawain kita.
Selamat berjalan-jalan di Zocalo !

Foto: Herman


3 komentar:

  1. Wahhhh, bentuk bangunannya banyak yang cantik yach disana. Pengen banget bisa jalan-jalan ke Mexico, one day.
    Tapi bener ga sih kalo disana ga aman buat turis ?

    BalasHapus
  2. Ayo, kesini ;) kebanyakan arsitektur bergaya kolonial dan masih dilestarikan, walaupun sudah berubah fungsi menjadi kantor Gubernur atau deretan toko-toko. Mexico City aman buat turis. Dengan banyaknya orang asing yang tunggal disini, tidak perlu kuatir. Mayoritas penduduk kota ini juga amah terhadap turis.

    Menurut pengalamanku yg udah lenih dari 2 thn tingal disini, Mexico City sangat ok utk dikunjungin...bahaya pasti ada di mana-mana. Yang penting selalu waspada dan hati-hati.

    Serunya lagi...orang yg mengunjungi Mexico pertama kali, pasti ingin kembali lagi ;)

    BalasHapus
  3. mexico ternyata kota yang cantik ya, tapi saya rada ngeri sama kartel narkoba ( pengaruh sering baca berita kriminal ;)

    BalasHapus