Like

Sabtu, 05 September 2015

XIV. 22. (Prancis) Perawatan Setelah Melahirkan


Masih cerita pengalaman tentang kehamilan dan melahirkan di Prancis. Kali ini saya akan berbagi tentang perawatan kesehatan ibu setelah melahirkan. Bagi seluruh wanita yang melahirkan di Prancis, pemerintah menyediakan perawatan kesehatan alat reproduksi. Setelah melahirkan, keadaan alat reproduksi wanita harus kembali seperti sedia kala. Perawatan ini dilakukan setelah sebulan melahirkan atas rekomendasi ginekolog dibantu oleh bidan dan ahli kinesterapi. Organ tubuh yang berpartisipasi dan bekerja saat melahirkan tentunya mengalami perubahan. Seperti otot-otot di sekitar daerah kemaluan wanita sampai alat reproduksi. Perawatan ini dinamakan edukasi perineal.

Cara perawatan ini dilakukan dengan teknik pernafasan. Jika otot-otot dinyatakan parah dan harus dilakukan terapi, ada teknik khusus yang digunakan.

Pengalaman saya yang melahirkan bayi perempuan secara normal, perawatan setelah melahirkan dilakukan dengan teknik pernafasan yang cukup mengurus tenaga. Hal ini karena organ dalam tubuh yang bekerja. Selama 8 sesi pertemuan yang lamanya 45 menit satu sesi, perawatan ini membantu para wanita mengembalikan fungsi otot-otot organ dalam tubuh.

Teknik perawatan ini tidak membantu untuk mengecilkan perut dan paha, melainkan memperkuat otot-otot di dalam organ tubuh. Sedangkan jika para wanita ingin mengembalikan bentuk tubuh seperti sedia kali pasca melahirkan, olahraga ringan sangat dianjurkan dimulai dari 3 bulan pasca melahirkan. Kita boleh melakukan olahraga yang agak berat setelah 6 bulan melahirkan karena tubuh kita sudah bisa melakukan aktivitas fisik seperti sebelum saat hamil.


1 komentar: